Entri Populer

Sabtu, 30 Oktober 2010

Jawaban BAB 2. Gambaran Umum Sistem Keuangan -Ekonomi Moneter (ESP330)

1.        Mengapa suatu bagian dari saham biasa Microsoft merupakan aset bagi pemiliknya dan kewajiban bagi Microsoft?

Jawab:
Saham Microsoft sebagai aset bagi pemiliknya, karena pemilik berhak mendapatkan keuntungan dari sebagian penghasilan dari aset Microsoft tersebut dari dana yang diinvestasikan pada perusahaan Microsoft tersebut. Sedangkan saham merupakan kewajiban bagi Microsoft, karena merupakan klaim atas pendapatan yang didapatkan perusahaan kepada pemilik aset.

2.        Jika saya membeli sebuah mobil hari ini seharga $5.000 dan bernilai $10.000 dalam pendapatan tambahan di tahun berikutnya karena mobil tersebut memungkinkan saya untuk mendapatkan pekerjaan sebagai penjual barang antik keliling. Haruskah saya meminjam dari Larry si lintah darat dengan tingkat bunga 90% jika tidak ada orang lain lagi yang akan memberikan pinjaman kepada saya? Pada akhirnya saya akan menjadi lebih baik atau lebih buruk akibat pinjaman tersebut? Dapatkah anda membuat suatu kasus untuk melegalisasi lintah darat?

Jawab:
Jika meminjam dana kepada Larry, saya harus membayar sebesar $5.000 + ($5.000 x 90%) = $9.500 di tahun berikutnya. Meskipun masih dapat keuntungan sebesar $500, ini pendapatan dalam setahun yang sangat kecil. Maka hal itu akan buruk bagi saya, dengan bunga yang ditawarkan terlalu tinggi keuntungan yang saya dapatkan sangat kecil sekali.

3.        Beberapa ekonom menduga bahwa satu dari alasan-alasan bahwa perekonomian di negara-negara berkembang tumbuh sedemikian lambat adalah bahwa mereka tidak mempunyai pasar keuangan dengan baik? Apakah argumen ini masuk akal?

Jawab:
Ya. Argumen tersebut masuk akal sebab pasar keuangan merupakan penyaluran dana yang produktif. Pertumbuhan yang lambat pada pasar keuangan, berarti kurangnya dana yang dapat disalurkan dari dana-dana nonproduktif ke dana produktif, sehingga usaha dan sektor riil di negara tersebut kurang membantu pertumbuhan ekonomi.

4.        Perekonomian AS dibantu pinjaman dari inggris pada abad ke-19 untuk membangun sistem rel kereta api. Instrumen utang utama apakah yang digunakan? Mengapa hal ini membuat kedua negara menjadi lebih baik?

Jawab:
Instrumen utama yang digunakan AS pada waktu itu ialah obligasi asing. Obligasi ini merupakan instrument tradisional di pasar obligasi internasiona. Menguntungkan kedua negara sebab obligasi asing AS yang dijual di negara inggris dan didoniminasi dalam mata uang Pound sterling.

5.        “Karena perusahaan-perusahaan sebenarnya tidak memperoleh dana apa pun dari pasar sekunder, pasar sekunder kurang begitu penting daripada pasar primer. Berikan komentar anda.

Jawab:
Saya tidak setuju dengan pernyataan tersebut, karena perekonomian dunia saat ini lebih banyak menggunakan pasar sekunder dalam investasi-investasi perusahaan baik dalam negeri maupun internasional. Mereka lebih suka dengan investasi saham dari pada meminjam uang di bank. Selain itu, harga di pasar sekunder menentukan harga yang diterima di perusahaan-perusahaan yang menerbitkan sekuritas di pasar primer. Pasar sekunder juga membuat sekuritas lebih likuid dan lebih mudah untuk di jual di pasar primer, dengan demikian pasar sekunder lebih penting dari pada pasar primer.

6.        Jika anda menduga suatu perusahaan akan bangkrut tahun depan, apa yang sebaiknya akan anda pilih, obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan atau ekuitas yang diterbitkan oleh perusahaan?mengapa?

Jawab:
Jika perusahaan akan bangkrut tahun depan, maka tindakan yang sebaiknya diambil ádalah menerbitkan ekuitas, sebab jika obligasi yang diterbitkan perusahaan tidak akan menjamin investor akan membeli obligasinya dengan kondisi preusan yang hampir bangkrut.

7.        Bagaimana masalah adverse selection dapat menjelaskan mengapa anda lebih suka untuk meminjamkan uang kepada anggota keluarga daripada orang asing?

Jawab:
Adverse selection yang merupakan suatu masalah yang timbul akibat informasi asimetris (tidak pasti) yang timbul sebelum transaksi terjadi.
Dengan meminjamkan uang kepada orang lain, lebih memungkinkan terjadinya adverse selection dari pada meminjakannya kepada anggota keluarga yang lebih saya ketahui informasinya, tentang kejujuran, hasrat untuk mengambil resiko, dan sifat lainnya.

8.        Berikan satu contoh dimana anda harus bersinggungan dengan masalah adverse selection?

Jawab:
Ketika meminjamkan uang pada seseorang yang belum kita kenal dekat yang tidak kita ketahui banyak informasi tentangnya.

9.        Mengapa lintah darat tidak terlalu khawatir dengan moral hazard dalam hubungannya dengan peminjam daripada pemberi pinjaman lain?

Jawab:
Lintah darat (renternir/loan sharks) tidak terlalu khawatir dengan moral hazard dalam hubungannya dengan peminjam daripada pemberi pinjaman lain. Karena lintah darat dapat melakukan tindakan-tindakan yang mengancam pembayaran utang si peminjam jika ia tidak segera melunasinya. Dengan demikian para peminjam dari lintah darat mempunyai kemunkinan kecil meningkatkan moral hazard.

10.    Jika anda adalah seorang pekerja, masalah moral hazard jenis apa yang mungkin anda khawatirkan terhadap pemberi kerja anda?

Jawab:
Moral hazard merupakan masalah yang diciptakan oleh informasi asimetris yang terjadi setelah transaksi. Saya khawatir terhadap apakah pemberi kerja saya akan tepat waktu membayar upah saya dan apakah upah tersebut sesuai dengan janji yang diberikan atas pekerjaan yang telah saya lakukan.

11.    Jika tidak ada informasi asimetris yang dimiliki oleh seorang peminjam dan pemberi pinjaman, apakah masih tetap ada masalah moral hazard?

Jawab:
Ya. Kita tidak mengetahui secara pasti kemungkinan yang akan terjadi. Apabila peminjaman telah diberikan, si peminjam mengambil tindakan yang tidak diinginkan bagi pemberi pinjaman, pemberi pinjaman akan menghentikan pinjamannya untuk menghindari kemungkinan moral hazard yang berikutnya.

12.    “Dalam dunia tanpa informasi dan biaya transaksi, perantara keuangan tidak akan ada. Pernyataan ini benar, salah, atau tidak pasti? Jelaskan jawaban anda?

Jawab:
Keberadaan biaya transaksi dan informasi di pasar keuangan sebagian menjelaskan mengapa perantara keuangan dan pendanaan tidak langsung memainkan peranan penting dalam pasar keuangan. Tanpa biaya transaksi hampir tidak mungkin ada yang dapat menjadi perantara keuangan yang besar dengan sukarela. Serta tanpa informasi, akan menyebabkan kemungkinan resiko yang besar, sehingga pemilik dana tidak akan  mempercayai untuk meminjamkan uangnya.

13.    Mengapa anda ingin meminjamkan kepada tetangga anda dengan menaruh dana di dalam satu rekening tabungan yang memberikan tingkat bunga 5% pada bank dan membiarkan bank meminjamkan dana tersebut dengan tingkat bunga 10% daripada meminjamkannya langsung kepadanya?

Jawab:
Saya akan lebih ingin meminjamkannya melalui bank dari pada meminjamkannya langsung, karena dengan meminjamkan langsung akan menambah biaya-biaya lainnya seperti biaya legal atau hukum untuk perjanjian utang dan resiko-resiko gagal bayar lainnya. Sehingga kemungkinan keuntungan yang anda dapat dari meminjamkan nya tersebut pun tidak mencapai 10%, dimana jika ia menabungkan uangnya di bank lebih walaupun hanya dengan 5%, hal itu lebih pasti. Dan karena bank sebagai perantara keuangan, berhak mendapatkan laba yang lebih tinggi (10%) karena mereka mengembangkan keahlian dalam mengawasi pihak-pihak yang di beri pinjaman untuk mengurangi kerugian dari moral hazard. Sehingga mampu membayar bunga kepada pemberi pinjaman (penabung) atau menyediakan layanan (meminjamkan uang) yang besar dengan tetap dapat memperoleh keuntungan.

14.    Bagaimana manfaat pembagian risiko bagi perantara keuangan dan investor swasta?

Jawab:
Manfaat pembagian resiko terhadap investor swasta ialah untuk mengurangi eksposur investor terhadap resiko. Sedangkan manfaat bagi perantara keuangan adalah memungkinkan mereka memperoleh laba dari selisih antara imbal hasil dari aset beresiko dengan pembayaran dari penjualan aset.
Dalam hal ini, perantara keuangan menciptakan dan menjual aset-aset dengan karakteristik risiko menurut tingkat kenyamanan masyarakat, dan kemudian perantara keuangan menggunakan dana-dana yang mereka peroleh dengan menjual aset-aset ini untuk membeli aset-aset lain yang munkin memiliki tingkat risiko yang jauh lebih tinggi. Biaya transaksi yang rendah  inilah yang memungkinkan mereka memperoleh laba dari selisih antara imbal hasil dari proses tersebut.

15.    Diskusikan beberapa manifestasi dari globalisasi pasar modal dunia?

Jawab:
Globalisasi pasar modal dunia saat ini telah berkembang luas, tidak hanya pada negara-negara maju saja. Sebelum tahun 1980-an, pasar keuangan AS jauh lebih besar daripada negara-negara lain. Namun, pertumbuhan yang luar biasa terjadi dari pasar modal asing telah menghasilkan kenaikan yang besar dari waktu ke waktu di negara-negara maju dan berkembang lainnya.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar