Entri Populer

Sabtu, 30 Oktober 2010

Jawaban BAB 3. Apa itu Uang? -Ekonomi Moneter (ESP330)

1.      Mana dari tiga pernyataan mengenai defininisi uang yang digunakan oleh ekonom?
a.       Berapa banyak uang yang anda gunakan minggu lalu?
b.      Ketika saya pergi ke toko saya selalu memastikan bahwa saya selalu memiliki cukup uang.
c.       Kecintaan terhadap uang adalah akar dari semua kejahatan.

Jawab:
Definisi uang oleh ekonom yaitu sebagai sesuatu yang secara umum diterima dalam pembayaran barang dan jasa atau pembayaran atas utang, pernyataannya yang (b) “Ketika saya pergi ke toko saya selalu memastikan bahwa saya selalu memiliki cukup uang”.
Karena yang (a) menyatakan uang sebagai pendapatan dan (b) uang sebagai kekayaan.

2.      Ada 3 barang yang di hasilkan perekonomian oleh 3 individu:
Barang                      Produsen
Apel                          Petani buah
Pisang                       Petani pisang
Coklat                       Petani Coklat

Jika petani buah menyukai pisang dan petani pisang hanya menyukai coklat dan petani coklat hanya menyukai apel, apakah yang akan terjadi peerekonomian barter? Bagaimana memperkenalkan uang kedalam perekonomian sehingga bisa menguntungkan para 3 produsen.
      
Jawab:
Ekonomi barter, pertukaran ketiga produsen tersebut tidak dapat dilakukan, karena tidak terjadi double coincedence of wants (kesamaan keinginan). Namun, jika ketiga produsen tersebut menggunakan uang dalam proses pertukarannya, maka mereka akan mendapatkan apa yang menjadi keinginannya. Selain itu juga tanpa melalui proses pertukaran yang panjang, yang akan menyebabkan lebih banyaknya beban transaksi.

3.      Mengapa orang hidupnya di gua tidak membutuhkan uang?

Jawab:
Orang yang hidup di gua tidak membutuhkan uang karena dalam memenuhi kebutuhannya tidak melakukan sistem pertukaran. Pemenuhan kebutuhan cukup dengan apa yang mereka dapatkan di sekitar mereka.

4.      Mengapa masyarakat di Amerika Serikat pada abad ke-19 kadang-kadang mau di bayar dengan menggunakan cek daripada dengan menggunakan emas, walaupun mereka tahu bahwa ada kemungkinan cek tersebut kosong.

Jawab:
Karena menggunakan cek (giro) biaya transaksinya lebih murah dari pada menggunakan emas dalam pembayaran. Cek lebih mudah dipindahkan dalam bentuk uang dari pada emas. Masyarakat lebih memilih dibayar menggunakan cek, walaupun mereka tahu bahwa ada kemungkinan cek tersebut kosong.
5.      Pada Yunanai kuno menagapa emas menjadi salah satu bentuk uang yang lebih di sukai dibandingkan dengan minuman anggur.

Jawab:
Masyarakat Yunanai kuno lebih menyukai emas daripada anggur karena sifat emas yang tidak mudah rusak dan dapat disimpan di tempat yang aman dibandingkan dengan minuman anggur.

6.      Mengapa uang menjadi alat penyimpanan nilai yang lebih baik di Amerika Serikat pada tahun 1950-an daripada tahun1970-an. Mengapa demikian ? Dalam periode yang bagaiamana anda lebih menyukai memegang uang?

Jawab:
Uang menjadi alat penyimpanan nilai yang lebih baik di Amerika Serikat pada tahun 1950-an daripada tahun1970-an karena pada saat itu, perekonomian di Amerika Serikat mengalami penurunan laju inflasi. Sehingga uang menjadi alat penyimpanan yang baik dan kita akan bersedia memegangnya lebih banyak lagi.

7.      Apakah anda bersedia meninggalkan buku cek anda dan menggantinya dengan alat pembayaran elektronik jika alat tersebut tersedia?Mengapa demikian?

Jawab:
Saya bersedia, karena pembayaran elektronik lebih mudah di bawa dan digunakan dari pada cek.

8.      Urutkan aset berikut dari yang paling likuid ke yang paling tidak likuid?
a.       Rekening giro
b.      Rumah
c.       Mata uang
d.      Mesin cuci
e.       Tabungan
f.       Saham

Urutan yang paling likuid, yaitu (c) Mata uang , (e) tabungan, (a) rekening giro, (f) saham, (b) rumah, dan terakhir (d) mesin cuci.

9.      Mengapa para ekonom menggambarkan uang selama periode inflasi seperti ”kentang panas ( hot potato)”yang dapat beredar dari satu orang ke oarg lain?

Jawab:
Karena pada saat laju inflasi yang tinggi, nilai uang akan semakin melemah dan mungkin jauh kehilangan nilainya di saat hiperinflasi. Hal ini akan menyebabkan kita hanya memegang secepat mungkin, seperti kentang panas yang dengan cepat berpindah ke orang lain.

10.  Di Brasil negara yang mengalami inflasi cepat (rapid Inflation) sebelum tahun 1994 banyak transaksi yang dilakukan dengan dolar dari pada dengan real, mata uang Brasil. Mengapa?

Jawab:
Karena adanya inflasi yang cepat akibat tekanan spekulatif menyebabkan mata uang real sangat kecil nilainya. Untuk penggunaan transaksi yang besar harus menggunakan uang dalam jumlah yang banyak, tidak praktis. Sehingga dalam transaksi mereka lebih senang menggunakan dolar.

11.  Misalnya peneliti menemukan pengkuran dari jumlah uang total dalam perekonomian AS selama lebih dari dua puluh tahun sebagai indikator inflasi dan siklus usaha yang lebih baik daripada M1 dan M2. Apakah penemuan ini artinya kita harus menyatakan uang sebagai jumlah yang sama dengan utang dalam perekonomian?

Jawab:
Tanpa adanya teori yang beralasan untuk meyakinkan jumlah utang akan terus dapat digunakan untuk memprediksi kita tidak ingin mendefinisikan uang sebagai total mata uang, sehingga kita tidak perlu menyatakan uang sebagai jumlah yang sama dengan utang dalam perekonomian. Walupun jumlah utang dapat memprediksi inflasi dan siklus usaha lebih baik dari pada M1 dan M2, tetapi tidak akan menjadi estimator yang lebih baik di masa mendatang.

12.  Lihat data di M1 dan M2 di buletin federal reserve untuk satu tahu terakhir. Apakah pertumbuhannya mirip? Apakah implikasi dari laju pertumbuhan tersebut terhadap pelaksana kebijakan moneter?

Jawab:
Table 1. Money Stock Measures (Billions of dollars)
Date
Seasonally adjusted
  Sep 2009
  1660.8 
  8459.3 
  Oct 2009  
  1676.2 
  8492.1 
  Nov 2009
  1687.5 
  8523.3 
  Dec 2009
  1696.6 
  8542.8 



  Jan 2010
  1680.7 
  8486.0 
  Feb 2010
  1714.8 
  8545.7 
  Mar 2010
  1713.1 
  8519.9 
  Apr 2010  
  1701.4 
  8490.6 
  May 2010
  1706.0 
  8573.0 
  Jun 2010
  1721.5 
  8604.6 
  Jul 2010  
  1716.4 
  8603.4 
  Aug 2010
  1742.8 
  8649.4 
  Sep 2010
  1765.6 
  8709.1 

Percent change at seasonally adjusted annual rate
M1
M2
  3 Months from Jun 2010 TO Sep 2010  
  10.2 
  4.9 
  6 Months from Mar 2010 TO Sep 2010  
  6.1 
  4.4 
  12 Months from Sep 2009 TO Sep 2010  
  6.3 
  3.0 

Velositas adalah rasio dari PDB nominal untuk ukuran jumlah uang beredar (M1 atau M2). Hal ini dapat dianggap sebagai tingkat turnover dalam penyediaan uang - yaitu, berapa kali satu dolar digunakan untuk membeli barang dan jasa akhir termasuk dalam PDB .
Pertumbuhan M1 dan M2 yang terus meningkat di satu tahun terakhir ini memberikan pangaruh juga terhadap peningkatan pembelian barang dan jasa yang termasuk dalam PDB.

13.  Ukuran agregat moneter Federal Reserve yang mana M1 dan M2 terdiri dari aset yang paling likuid? Mana ukuran yang paling  besar?

Jawab:
M1 merupakan aset yang paling likuid. M2 adalah ukurany yang paling besar.

14.  Untuk masing-masing aset berikut, tunjukkan mana yang masuk kedalam M1 dan M2:
a.       Mata uang
b.      Reksa dana Pasar Uang
c.       Deposito berjangka denominisasi kecil
d.      Rekening Giro

Jawab:
M1 : (a) mata uang dan (d) rekening giro
M2 : (b) reksa dan pasar uang dan (c) deposito berjangka dominasi kecil

15.  Mengapa revisi agregat moneter kurang menjadi masalah dalam mengukur pergerakan uang beredar jangka panjang daripada pengukuran-pengukuran pegerakan uang beredar angka pendek?

Jawab:
Revisi agregat moneter bukanlah masalah serius untuk uang beredar jangka panjang, karena revisi agregat moneter untuk pergerakan jangka pendek (satu bulan) cenderung akan saling meniadakan. Revisi untuk jangka panjang (satu tahun) biasanya sangat kecil.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar