Entri Populer

Minggu, 31 Oktober 2010

Jawaban BAB 5. Perilaku Suku Bunga -Ekonomi Moneter (ESP330)

1.      Jelaskan mengapa anda bersedia membeli saham Microsoft lebih banyak atau sedikit dalam kondisi berikut :
a.       Kekayaan anda menurun
b.      Perkiraan anda terhadap saham tersebut akan meningkat nilainya
c.       Pasar obligasi menjadi lebih likuid  
d.      Anda memperkirakan emas meningkat nilainya
e.       Harga-harga di pasar obligasi menjadi lebih fluktuatif

Jawab:
a.       Lebih sedikit, kekayaan yang menurun menyebabkan kemampuan daya beli juga menurun
b.      Lebih banyak, ekspektasi perolehan dari saham meningkat
c.       Lebih sedikit, masyarakat akan lebih membeli obligasi
d.      Lebih sedikit, masyarakat akan lebih senang membeli emas
e.       Lebih banyak, harga obligasi menjadi lebih berisiko dari pada harga saham

2.      Jelaskan mengapa anda bersedia membeli rumah lebih banyak atau sedikit dalam kondisi berikut :
a.       Anda baru saja mendapatkan warisan $100.000
b.      Komisi jual beli rumah turun dari 6% dari harga jual menjadi 5% dari harga jual
c.       Anda memperkirakan saham Microsoft nilainya akan naik dua kali lipat tahun depan
d.      Harga-harga di pasar saham menjadi lebih fluktuatif
e.       Anda memperkirakan harga-harga rumah turun

Jawab:
a.       Lebih banyak, kekayaan bertambah sehingga meningkatkan daya beli terhadap rumah.
b.      Lebih banyak, komisi yang menurun membuat rumah menjadi lebih likuid.
c.       Lebih sedikit, karena masyarakat lebih tertarik membeli saham Microsoft.
d.      Lebih banyak, permintaan saham berkurang karena saham menjadi lebih berisiko.
e.       Lebih sedikit, karena akspektasi perolehan menjadi menurun.

3.      Jelaskan mengapa anda bersedia membeli emas lebih banyak atau lebih sedikit dalam kondisi berikut :
a.       Emas kembali menjadi alat tukar yang diterima
b.      Harga pasar emas menjadi fluktuatif
c.       Anda memperkirakan inflasi akan naik, dan harga emas cenderung akan bergerak searah dengan tingkat harga agregat
d.      Anda memperkirakan suku bunga akan meningkat

Jawab:
a.       Lebih banyak, emas relatif stabil
b.      Lebih sedikit, menyimpan emas lebih berisiko
c.       Lebih banyak, ekspektasi perolehan dari menyimpan emas akan meningkat.
d.      Lebih sedikit, ekspektasi perolehan dari emas akan menurun, masyarakat akan lebih memilih saham.

4.      Jelaskan mengapa anda bersedia membeli obligasi jangka panjang AT&T lebih banyak atau lebih sedikit dalam kondisi berikut :
a.       Perdagangan atas obligasi ini meningkat, membuat obligasi ini lebih mudah dijual
b.      Anda memperkirakan pasar saham akan jatuh (harga saham diperkirakan turun)
c.       Komisi pialang saham turun
d.      Anda memperkirakan suku bunga akan naik
e.       Komisi pialang obligasi turun

Jawab:
a.       Lebih banyak, karena obligasi menjadi lebih likuid.
b.      Lebih banyak, saham lebih berisiko sehingga masyarakat lebih memilih membeli obligasi tersebut.
c.       Lebih sedikit, komisi saham yang menurun menyebabkan saham lebih likuid
d.      Lebih sedikit, karena ekspektasi perolehan akan menurun.
e.       Lebih banyak, karena obligasi menjadi lebih likuid.

5.      Apa yang akan terjadi pada permintaan untuk lukisan Rembrandt kalau pasar saham mengalami peningkatan? Mengapa?

Jawab:
Permintaan akan lukisan Rembrandt bekurang karena orang-orang akan lebih tertarik membeli saham yang lebih likuid dari pada lukisan Rembrandt.

Jawab masing-masing pertanyaan di bawah ini dengan menggambarkan diagram penawaran dan permintaan

6.      Salah satu cara penting Federal Reserve menurunkan penawaran uang adalah dengan menjual obligasi kepada masyarakat. Dengan menggunakan analisis penawaran dan permintaan obligasi, tunjukkan dampak dari kebijakan ini terhadap suku bunga. Apakah jawaban anda konsisten dengan apa yang anda perkirakan dengan kerangka kerja preferensi likuiditas?

Jawab:
Ketika the Fed menjual obligasi maka menunjukkan kenaikan tingkat penawaran obligasi kepada masyarakat, sehingga menggeser kurva penawaran BS ke kanan. Peningkatan penawaran ini akan menghasilkan tingkat harga yang lebih rendah. Perpotongan BS dengan BD , titik keseimbangan akan berada pada suku bunga yang meningkat.
Dengan kerangka kerja preferensi likuiditas, penurunan jumlah uang beredar menggeser kurva penawaran uang MS ke kiri, dan keseimbangan suku bunga meningkat. Sehingga jawaban dari analisis penawaran dan permintaan obligasi konsisten dengan kerangka kerja preferensi likuiditas.

7.      Dengan menggunakan kerangka kerja preferensi likuiditas maupun kengka kerja penawaran dan permintaan obligasi, tunjukkan mengapa suku bunga adalah procyclical (naik ketika perekonomian ekspansi dan turun ketika perekonomian resesi).

Jawab:
Dengan perekonomian ekspansi, jumlah barang dan jasa yang dihasilkan dalam perekonomian akan meningkat, demikian pula untuk pendapatan nasional. Oleh karena itu maka pengusaha akan bersedia meminjam lebih banyak karena berharap mendapat perolehan dari peluang investasi. Penigkatan permintaan untuk uang menggeser kurva permintaan uang MD ke kanan, keseimbangan menunjukkan suku bunga yang meningkat. Sebaliknya ketika resesi, dimana perekonomian melemah, pengetatatan jumlah uang beredar menurunkan kemampuan daya beli sehingga permintaan masyarakat terhadap obligasi akan menurun. Kurva permintaan obligasi BD bergeser ke kiri, keseimbangan bunga menurun.

8.      Mengapa kenaikan tingkat harga (bukan perkiraan inflasi) menyebabkan suku bunga meningkat ketika penawaran uang nominal tetap?

Jawab:
Ketika tingkat harga meningkat, kuantitas riil uang menurun dengan asumsi penawaran uang nominal tetap. Untuk kembali menstabilkan nilai riil uang yang mereka pegang, maka orang-orang akan ingin lebih banyak memegang nominal uang dalam jumlah yang banyak. Hal ini pada kurva akan menunjukkan pergeseran permintaan uang MDbergeser ke kanan, dan menunjukkan peningkatan pada suku bunga.

9.      Carilah kolom ”credit markets” di Wall Street Journal. Garis bawahi pernyataan-pernytaan dalam kolom yang menjelaskan pergerakan harga obligasi, dan gambarkan dalam diagram penawaran dan permintaan atas pernyataan-pernyataan tersebut.

Jawab:


10.  Apa dampaknya terhadap suku bunga jika ada peningkatan volatilitas harga emas yang tiba-tiba?

Jawab:
Suku bunga meningkat. Peningkatan harga emas yang tiba-tiba akan membuat masyarakat menjual emasnya, sehingga meningkatkan jumlah permintaan masyarakat untuk uang. Penigkatan permintaan untuk uang menggeser kurva permintaan uang MD ke kanan, keseimbangan menunjukkan suku bunga yang meningkat.

11.  Apa yang akan terjadi terhadap suku bunga jika ada peningkatan perkiraan masyarakat terhadap harga real estate yang tiba-tiba?

Jawab:
Peningkatan perkiraan masyarakat terhadap harga real estate akan meningkatkan ekspektasi perolehan rumah secara relatif dari pada permintaan pada obligasi. Permintaan obligasi yang menurun menggeser kurva BD ke kiri, menurunkan harga obligasi dan meningkatka suku bunga.

12.  Jelaskan dampak dari defisit anggaran pemerintah pusat yang besar terhadap suku bunga?

Jawab:
Defisit anggaran pemerintah akan menyebabkan Departemen Keuangan AS mengeluarkan obligasi untuk membiayai defisit anggaran, dan jumlah obligasi yang ditawarkan pada setiap harganya akan meningkat. Kurva penawaran bergeser BS ke kanan, maka perpotongan BS dengan BD yang baru, titik keseimbangannya akan berada pada suku bunga yang meningkat.

13.  Dengan menggunakan kerangka kerja penawaran dan permintaan obligasi maupun kerangka kerja preferensi likuiditas, tunjukkan dampaknya terhadap suku bunga ketika risiko obligasi naik. Apakah hasilnya sama untuk kedua kerangka kerja tersebut?

Jawab:
Dalam analisis penawaran dan permintaan obligasi, risiko obligasi yang meningkat akan mengurangi permintaan terhadap obligasi. Kurva permintaan bergeser ke kiri, dan keseimbangan menunjukkan suku bunga yang meningkat.
Begitu juga dengan kerangka kerja preferensi likuiditas. Meningkatnya risiko obligasi relatif terhadap uang, menyebabkan meningkatnya permintaan untuk uang. Kurva permintaan uang MD bergeser ke kanan, keseimbangan menunjukkan suku bunga yang meningkat.

14.  Kalau tingkat harga turun tahun depan, dan selanjutanya tetap, dan penawaran uang tetap apakah yang mungkin terjadi pada suku bunga untuk dua tahun mendatang?

Jawab:
Ketika tingkat harga menurun, kuantitas riil uang meningkat dengan asumsi penawaran uang nominal tetap. Banyak uang yang di pegang masyarakat akan mengurangi permintaan mereka terhadap uang. Hal ini pada kurva akan menunjukkan pergeseran permintaan uang MDbergeser ke kiri, dan menunjukkan penurunan pada suku bunga di tahun berikutnya.

15.  Apa yang akan terjadi terhadap suku bunga jika komisi pialang pada saham turun? Jelaskan jawaban anda.

Jawab:
Suku bunga akan meningkat. Penurunan komisi pialang pada saham akan membuat saham lebih likuid dari sebelumnya. Sehingga peningkatan permintaan saham mengurangi permintaan terhadap obligasi. Kurva permintaan obligasi BD bergeser ke kiri, keseimbangan bunga menurun.

16.  Presiden Amerika Serikat mengumumkan dalam suatu konferensi pers bahwa ia akan melawan inflasi naik dengan program antiinflasi yang baru. Perkiraan apa yang akan terjadi pada suku bunga kalau masyarakat mempercayainya.

Jawab:
Ekspektasi inflasi yang menurun, maka biaya pinjaman riil meningkat pada setiap harga obligasi tertentu. Penurunan perkiraan inflasi menyebabkan obligasi yang di tawarkan menurun dan kurva penawaran BS  bergeser ke kiri, kesimbangan dengan suku bunga yang menurun.

17.  Gubernur Federal Reserve mengumumkan bahwa suku bunga akan naik secara tajam tahun depan, dan pasar percaya kepadanya. Apakah yang akan terjadi pada suku bunga obligasi AT&T seperti 8 1/8 dari 2022?

Jawab:
Dari pengumuman bahwa suku bunga akan naik, masyarakat akan berekspektasi perolehan obligasi jangka panjang, seperti obligai dengan imbal hasil 8 1/8 dengan waktu jatuh tempo 2022 akan mengalami penurunan. Kurva permintaan pada obligasi ini BD akan bergeser ke kiri, harga obligasi turun dan keseimbangan suku bunga akan naik.  

18.  Perkiraan apa yang terjadi pada suku bunga kalau masyarakat tiba-tiba berpikir ada peningkatan yang besar pada harga saham.

Jawab:
Peningkatan yang besar pada harga saham, akan meningkatkan permintaan masyarakat untuk uang. Kurva permintaan uang MD bergeser ke kanan, keseimbangan menunjukkan suku bunga yang meningkat.

19.  Perkiraan apa yang akan terjadi pada suku bunga kalau harga pada pasar obligasi menjadi lebih berfluktuasi?

Jawab:
Jika harga pasar obligasi berfluktuasi, obligasi menjadi lebih berisiko, sehingga permintaan obligasi akan turun. Kurva permintaan BD akan bergeser ke kiri, harga turun dan kesimbangan suku bunga akan meningkat.

20.  Gubernur Federal Reserve berikutnya mempunyai reputasi yang memugkinkan laju pertumbuhan uang yang semakin lambat dari pada gubernur bank sentral sekarang, apa yang akan terjadi pada suku bunga? Diskusikan kemungkinan hasil dari situasi tersebut?

Jawab:
Melambatnya laju pertumbuhan uang, Gubernur Federal Reserve akan menyeimbangkan dengan menurunkan penawaran masyarakat. Penurunan obligasi yang di tawarkan menggeser kurva penawaran BS  ke kiri, kesimbangan baru dengan suku bunga yang menurun.

NB: mohon maaf, di entri ini tidak dapat menampilkan gambar kurva dr MS Word. Terimakasih. 
Selamat belajar...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar